Enam Langkah Merawat Kuku

Kuku, sebagaimana halnya dengan anggota tubuh lainnya juga perlu perawatan. Perawatan kuku tidak saja dimaksudkan agar kuku tampak selalu indah, tapi juga agar tetap sehat. Sebab, kuku yang sehat dan rapi bisa mencerminkan keadaan diri orang bersangkutan. Orang yang memiliki kuku bersih, dapat dipastikan, orangnya pun bersih. Sebaliknya, orang yang kukunya panjang, apalagi dengan ujung-ujung yang menghitam, sangat mungkin yang bersangkutan tidak peduli pada kebersihan.

Jika kuku-kuku bersih dan terawat rapi, bagian-bagian lain pun mestinya tak luput dari perhatian sang pemilik. Berikut ini enam langkah yang dapat dilakukan untuk merawat kuku:

1. Untuk mencegah kuku rusak, hindari cairan penghapus kuteks yang mengandung bahan kimia maupun deterjen, karena akan membuat kuku menjadi kering.

2. Untuk mempercepat pemulihan, potong pendek kuku Anda, gosok dan oleskan minyak atau krem mengandung vitamin E dua kali sehari. Cobalah untuk tidak memakai kuteks secara terus menerus hingga tiga sampai empat minggu.

3. Untuk mendapatkan warna kuku yang sehat (merah muda), gosoklah air jeruk sitrun segar di sekitar dasar kuku.

4. Biarkan kuku 'bernapas' atau terbebas dari pewarna kuku. Paling tidak satu hari dalam semingu dan seminggu dalam sebulan.

5. Untuk mencegah kuku rapuh, rendam kuku selama lima menit di dalam cairan minyak zaitun atau apple cider vinerga (cuka apel) yang telah dihangatkan.

6. Agar kuku jangan kotor dan tetap terlindungi, gunakan sarung tangan plastik saat Anda membersihkan dapur, mencuci piring makan, dan bekerja di kebun. Kesehatan kuku dapat merefleksikan kesehatan badan kita secara keseluruhan. Merawatnya secara rutin serta mengkonsumsi protein adalah dua cara meminimkan risiko kerapuhan pada kuku.

(bur )

0 komentar: